LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam
Pembelajaran
Lokasi | SMK Pertiwi Kuningan |
Lingkup Pendidikan | Sekolah Menengah Kejuruan |
Tujuan yang ingin dicapai | PPL Aksi 1 Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery (Penemuan) dalam mengidentifikasi informasi fakta dan urutan kejadian teks eksplanasi. PPL Aksi 2 Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan ide untuk memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan media yang inovatif yaitu video, salindia, dan lembar kerja. PPL Aksi 3 Meningkatkan minat belajar sastra peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (penemuan) dengan media video flim pendek dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Menggunakan bahan ajar berupa teks cerpen yang mudah dipahami kebahasaannya oleh peserta didik untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek. PPL Aksi 4 Meningkatkan minat belajar sastra peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (penemuan) mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur pembangun dalam cerita pendek Menggunakan media yang inovatif yaitu gambar, video flim pendek, salindia, LKPD, gawai, google from, group WA dan contoh teks cerpen yang mudah dipahami kebahasaannya oleh peserta didik untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik khususnya menganalisis tema dan sudut pandang. |
Penulis | Lilis Pujianti, S.Pd. |
Tanggal | PPL Aksi 1 Selasa,18 Oktober 2022, Pukul 08.30 – 10.00 WIB PPL Aksi 2 Jumat, 28 Oktober 2022, Pukul 08.30 – 10.00 WIB PPL Aksi 3 Rabu, 09 November 2022, Pukul 13.00 – 14.30 WIB PPL Aksi 4 Rabu, 23 November 2022, Pukul 10.40 – 12.10 WIB |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. | Kondisi yang menjadi latar belakang masalah. PPL Aksi 1 rendahnya literasirendahnya motivasi belajarpeserta didik kesulitan mengidentifikasi informasi fakta dan urutan kejadian dalam teks eksplanasikurangnya percaya diri peserta didik PPL Aksi 2 model pembelajaran yang digunakan masih model pembelajaran konvesionalmedia pembelajaran yang kurang menarikrendahnya motivasi belajarpeserta didik kesulitan dalam memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaanpeserta didik kesulitan mengembangkan ide dalam memproduksi teks eksplanasikurangnya percaya diri peserta didik dalam presentasi PPL Aksi 3 model pembelajaran yang digunakan masih model pembelajaran monotonmedia pembelajaran yang kurang menarikrendahnya minat belajar sastra teks cerpen yang terdapat dalam buku paket sulit dipahami oleh peserta didik PPL Aksi 4 model pembelajaran yang digunakan masih model pembelajaran yang monotonmedia pembelajaran yang kurang menarikrendahnya minat belajar sastra teks cerpen yang terdapat dalam buku paket sulit dipahami oleh peserta didikkurangnya pemahaman peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik khusunya menganalisis tema dan sudut pandang Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan? Untuk menunjukkan praktik baik pembelajaran yang sudah dilakukan.berbagi pengalaman dengan orang lain.memotivasi pendidik dalam membuat pembelajaran yang terbaik untuk peserta didik. Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini? Sebagai pendidik, perlunya membuat rancangan RPP, bahan ajar, media, lembar kerja, salindia dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancanganmempersiapkan pembelajaran sesuai media dan sarana yang perlu digunakan saat pembelajaran.memberi waktu kepada peserta didik untuk menyimak video, berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, | Tantangan yang terjadi dalam mencapai tujuan: PPL Aksi 1 sarana dan prasarana yang belum memadaipeserta didik yang belum terbiasa berbicara di depan umumpeserta didik kurang percaya diri dalam mempresentasikan hasil diskusinyapeserta didk kesulitan dalam menentukan pola pengembangan PPL Aksi 2 sarana dan prasarana yang belum memadaijaringan internet yang tidak stabilpeserta didik yang belum terbiasa berbicara di depan umumpeserta didik kesulitan menulis teks dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan PPL Aksi 3 sarana dan prasarana yang belum memadaimedia berupa flim pendek yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari peseta didikpeserta didik yang belum terbiasa berbicara di depan umummemilih teks cerpen yang kebahasaannya mudah dipahami oleh peserta didik PPL Aksi 4 sarana dan prasarana yang belum memadaimedia berupa flim pendek yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan karakter peserta didikpeserta didik yang belum terbiasa berbicara di depan umummemilih teks cerpen yang kebahasaannya mudah dipahami oleh peserta didikkesulitan mengondisikan kelas dan peserta didik dalam pembelajaran dikarenakan sedang ada kegiatan lomba antarkelas. Yang terlibat: dosen pembimbing dan guru pamong yang mebimbing dalam pembuatan RPPpeserta didik sebagai sentral utama dalam proses pembelajaranpendidik sebagai fasilitatorrekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan pembelajaran (proses perekaman dan observer)kepala sekolah yang mengizinkan proses pembelajaran |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini | Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan: mempersiapkan sarana yang diperlukan dalam pembelajaranmelaksanakan pembelajaran sesuai sintaks model pembelajaranmenyediakan media pembelajaran yaitu salindia, video, dan lembar kerja peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik menyediakan sarana dan prasarana pembelajaranmembutuhkan kerja sama peserta didik dalam proses pembelajaran (diskusi dan presentasi)mendapat dukungan dari rekan sejawat dan kepala sekolah agar terlaksana pembelajaran yang baik Apa saja sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini? PPL aksi 1 mempersiapkan rencana pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, PPL aksi 2 mempersiapkan rencana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran promblem based learning untuk meningkatkan kemapuan peserta didik dalam mengembangkan ide memproduksi teks eksplanasi, PPL aksi 3 mempersiapkan rencana pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media video serta mempersiapkan contoh teks cerpen yang mudah dipahami peserta didik untuk meningkatkan minat belajar dan kempuan mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerpen, dan PPL aksi 4 mempersiapkan rencana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan belajar sastra dan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks cerpen. salindia, video, lembar kerja, gawai, proyektor, dan laptop untuk menunjang keberhasilan pembelajaran yang inovatif.pemilihan video teks ekplanasi sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan video flim pendek sebagai stimulus untuk meningkatkan motivasi belajar, minat belajar sastra, dan kemampuan berpikir peserta didik.pemilihan contoh teks cerpen yang mudah dipahami oleh peserta didik di PPL aksi 3 dan 4 untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan teks cerpen dan menganalisis unsur pembangun cerpen. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut | Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? PPL aksi 1 sampa 4 dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang rencanakanPPL aksi 1 sampai 4 ketercapaian semua kegiatan sesuai dengan harapan peserta didik dapat PPL aksi 1 dapat mengidentifikasi informasi fakta dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi, PPL aksi 2 peserta didik dapat memproduksi teks eksplanasi dengan baik, PPL aksi 3 peserta didik dapat mengidenifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerpen, dan PPL aksi 4 peserta didik dapat menganalisis unsur pembangun (unsur intrinsik) khususnya tema dan sudut pandang.semua dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran PPL aksi 1 sampai 4 peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dikarenakan saling bertanya jawab, diskusi, presentasi, dan menyimak video membuat peserta didik tidak jenuh. PPL aksi 3 dan 4 dalam membaca cerpen peserta didik lebih memahaminya karena teks cerpen yang digunakan dalam pembelajaran kebahasaannya mudah dipahami peserta didik Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif? Mengapa? PPL aksi 1 Hasilnya efektif karena peserta didik antusias dalam proses pembelajaran penemuan (discovery learning), menemukan informasi-informasi fakta dalam teks eksplanasi. PPL aksi 2 Hasilnya efektif karena peserta didik sangat antusias dalam proses pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan dapat memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. PPL aksi 3 Hasilnya efektif karena peserta didik antusias dalam proses pembelajaran discovery learning dan dapat mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek. PPL aksi 4 Hasilnya efektif karena peserta didik antusias dalam proses pembelajaran discovery learning dan dapat menganalisis unsur pembangun cerita pendek, khususnya menganalisis tema dan sudut pandang Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan? respon kepala sekolah sangat mendukung kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dilihat dari group WA khusus pendidik yang sudah bersertifikasi.rekan sejawat sangat merespon positif kegiatan pembelajaran sehingga rekan sejawat ingin mengikuti proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dilihat dari perkumpulan praktisi (MGMP) dalam pembahasan RPP dan respon pendidik yang secara langsung mengobservasi kegiatan pembelajaran.respon peserta didik sangat baik, semakin aktif dalam pembelajaran dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung peserta didik saling bertanya jawab, disuksi, dan presentasi secara baik dan aktif. Yang menjadi faktor keberhasilan: dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu mempersiapkan ruang kelas dan alat pembelajaran dalam proses rekaman kegiatan pembelajaranpeserta didik melalui diskusi kelompok dan isian google form sebagian besar peserta didik sudah dapat mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian teks eksplanasi, memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kadah kebahasaan teks eksplanasi, mengidentifikasi nila-nilai kehidupan dalam teks cerpen, dan menganalisis unsur intrinsik teks cerpen khususnya tema dan sudut pandang. peserta didik sudah percaya diri dengan mempresentasikan hasil diskusinya.peserta didik sudah melaksanakan literasi digital (video) dan literasi (membaca teks)pemilihan media dan metode yang relevan dengan peserta didikpemilihan contoh teks eksplanasi yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan contoh teks cerpen yang kebahasaannya mudah dipahami peserta didik. Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut: Dapat disimpulkan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan bahwa proses pembelajaran inovatif dapat tercipta karena, model pembelajaran yang digunakan yaitu model Discovery Learning tepat dan sesuai dengan karakter dan kebutuhan peserta didik dalam PPL aksi 1 dalam mengidentifikasi informasi dan urutan teks eksplanasi, PPL aksi 3 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerpen, dan PPL aksi 4 menganalisis unsur pembangun dalam teks cerpen, model pembelajaran yang digunakan dalam PPL aksi 2 yaitu model pembelajaran problem based learning tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan karakter peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya.saat pembelajaran peserta didik lebih bersemangat dan tidak cepat bosan dikarenakan saat pembelajaran peserta didik menyimak video, berdiskusi kelompok dalam mengerjakan lembar kerja yang diberikan pendidik dan mempresentasikan hasil diskusinya dengan percaya diri. dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif dengan media video motivasi belajar dan minat belajar sastra peserta didik meningkat dibandingkan dengan pengunaan model konvesional terlihat dari keaktifan, percaya diri, berpikir kritis, disiplin, tanggung jawab peserta didik yang lebih aktif.dengan pemilihan contoh teks cerpen yang mudah dipahami oleh peserta didik meningkat kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dan menganalisis unsur intrinsik dalam teks cerpen. PPL aksi 1 dikatakan berhasil dilihat dari motivasi belajar peserta didik yang meningkat dengan menggunakan model discovery learning dimana peserta didik terlihat antusias dalam proses pembelajaran peserta didik sudah 92% yang sudah dapat mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi (18 orang peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan umum dan 2 orang peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan umum). PPL aksi 2 peserta didik 95 % sudah dapat memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan (19 orang peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan umum dan 1 orang peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan umum), peserta didik dalam PPL aksi 3 sudah 100 % sudah dapat mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek (20 orang peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan umum), PPL aksi 4 dikatakan berhasil dilihat dari hasil peserta didik 92 % sudah dapat menganalisis unsur pembangun teks cerpen (18 orang peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan umum, 2 orang peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan umum), dilihat dari hasil kerja peserta didik yang sudah dilaksanakan. |
Nilai Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik

Nilai Sikap Peserta Didik

Dokumentasi Pelaksanaan Pembelajaran


Rencana Tindak Lanjut
No | Rencana Kegiatan | Tujuan Kegiatan | Waktu | Pihak yang terlibat |
1 | Menyelenggarakan kegiatan diskusi praktisi (MGMP Bahasa Indonesia) | Untuk dapat mengetahui dan menerapkan penggunaan model pembelajaran inovatif | Januari 2023 | Pendidik Bahasa Indonesia SMK Pertiwi Kuningan |
2 | Membuat Artikel Ilmiah | Untuk membagikan penerapan model pembelajaran dan media yang inovatif dalam kemampuan memproduksi teks eksplanasi | Februari 2023 | Peserta didik |
3 | Membuat Laporan PTK | Untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran di kelas | Maret 2023 | Kepala Sekolah Peserta didik |
4 | Menyelenggarakan kegiatan diskusi praktisi (MGMP Bahasa Indonesia) | Untuk menerapkan bahan ajar dan rpp yang relevan dengan peserta didik dalam pembelajaran sastra | April 2023 | Pendidik Bahasa Indonesia SMK Pertiwi Kuningan |