Oleh : Riki Sugiarto, S.Pd
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan menulis artikel peserta didik kelas XII TKJ 1 SMK Pertiwi Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen tanpa kelas kontrol. Tekniknya adalah tés. Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis artikel digunakan analisis data dengan cara analisis statistik, yaitu uji normalitas data mengunakan chi-kuadrat, uji homogenitas data menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data yang menggambarkan peningkatan kemampuan peserta didik antara prates dan postes. Dalam prates, hanya tujuh peserta didik saja yang mampu menulis artikel atau sebesar 20%, sedangkan dalam pascates jumlah peserta didik yang mampu menulis artikel meningkat menjadi 33 Peserta didik atau sebesar 94%. Berdasarkan hasil uji t, terbukti bahwa thitung (14,1) > ttabel (2,44), artinya hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa media kartu bergambar bisa meningkatkan kemampuan menulis artikel peserta didik kelas XII TKJ 1 SMK Pertiwi Kuningan tahun ajaran 2019/2020.